Kamis, 01 Desember 2011

Bebenah Diri, Wujudkan ITS Eco-Campus

           Di ulang tahunnya yang ke 51, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) berusaha menjadi kampus yang peduli dan cinta lingkungan. Di usianya yang separuh abad lebih itu, ITS tak main-main untuk menjadi kampus hijau, ITS Eco-Campus.



 Ada banyak langkah kongret yang telah dilakukan oleh pihak ITS sendiri. Diantaranya adalah penanaman seribu pohon dilingkungan ITS dengan melakukan kerjasama dengan pihak Gugur Gunung.


Seribu pohon tersebut ditanam oleh seluruh mahasiswa baru ITS dengan menggunakan kaos berwana hijau gelap dan hijau cerah yang bertuliskan G2 Gugur Gunung 2011 dan menggunakan pin yang senada. Ribuan mahasiswa baru ITS yang sedang melakukan kegiatan yang disebut Generasi Integralistik ITS (GERIGI) tersebut juga diajak untuk turut peduli terhadap lingkungan. Para mahasiswa baru ITS tersebut dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 orang yang bertugas untuk menanam pohon di spot-spot yang telah ditentukan. Kegiatan yang telah dilaksanakan pada tanggal 17 September tersebut mendapatkan respon yang positif dari mahasiswa baru ITS yang terlibat langsung dalam kegiatan tersebut.

 Kemudian, ITS juga menggelar Ecoquote Competition yang merupakan ajang berekspresi bagi warga kampus terhadap lingkungan dan program ITS Eco-campus. Dimana kompetisi ini bertujuan untuk mencari gagasan yang berawal dari pemahaman warga kampus terhadap lingkungan sekitarnya, dengan tema Eco-campus ITS, Think - Green Action – Sustain, dan ITS Go Green. Karya terbaik akan dicetak menjadi souvenir ITS Eco-campus dan mendapatkan hadiah uang tunai serta piagam.

         
          Selain itu, ITS juga membenahi penampilannya. Jalanan aspal yang berlubang kini dirubah menadi jalanan paving yang diharapkan dengan cepat menyerap air hujan sehingga tidak ada genangan air maupun jalan yang licin ketika hujan datang. Penambahan area pengendara sepeda sekarang juga sudah dilakukan, yang tadinya hanya ada di jalanan depan gedung jurusan Material dan Metalurgi sampai jurusan Biologi, sekarang mulai pintu masuk sampai di daerah dekat Masjid Manarul Ilmi ITS telah disediakan jalur khusus pengendara sepeda yang ditandai dengan paving berwarna merah dibagian kiri tepi jalan. Semoga dengan ditambahnya area tersebut semakin banyak lagi mahasiswa maupun warga kampus lainnya bersepeda ke kampus untuk menciptakan kampus yang hijau dan asri tanpa polusi.




      Usaha yang telah dilakukan ITS tersebut tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari seluruh warga kampus. Semoga ITS dapat mewujudkan programnya, ITS Eco-campus.

1 komentar:

Emilia Yulisita mengatakan...

iyaalah, kampus kitaa :)