Kamis, 01 Desember 2011

Yang Menarik dari Sistem Informasi ITS

    Sistem Informasi atau yang lebih akrab kita kenal dengan sebutan SI, merupakan sebuah jurusan yang bernaung dibawah Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Jurusan ini telah berhasil mencetak lulusan yang kompeten dan berprestasi, sehingga tak diragukan lagi jika SI ITS menjadi incaran lulusan SMA untuk melanjutkan studinya.

     Lalu, apa sajakah yang membuat SI ini menarik? Banyak sekali hal menarik yang dapat kita temukan disini. Mari kita telusuri satu per satu. Pertama, gedung perkuliahan jurusan ini terletak di lingkungan Kampus Kota ITS, yaitu terletak di bagian depan kompleks ITS, tepatnya di sebelah Graha ITS dan diapit gedung jurusan Teknik Industri serta D3 Mesin. Seharusnya gedung perkuliahan SI bersama dengan kompleks gedung perkuliahan Teknik Informatika sebagai jurusan se-fakultas. Namun hal itu mungkin akan baru terealisasikan beberapa tahun mendatang, karena gedung perkuliahan SI sekarang yang mewarisi gedung perkuliahan Teknik Informatika masih dianggap layak. Lagipula tak ada salahnya diapit oleh jurusan yang berbeda fakultas, hal itu justru menambah kenalan, karena setiap harinya kita akan berinteraksi dengan civitas akademika yang berada disana.

     Meskipun jurusan ini mewarisi tempat perkuliahan Teknik Informatika, bukan berarti jurusan ini tidak memiliki fasilitas. Ada banyak fasilitas yang bisa dinikmati oleh para mahasiswanya. Dilantai satu, ada delapan kelas untuk kegiatan perkuliahan, yaitu ruang TC 101-TC 108. Dimana disetiap ruang-ruang tersebut dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC serta proyektor yang sangat mendukung kegiatan perkuliahan. Selain itu, terdapat pula beberarapa laboratorium yang dapat menunjang kegiatan praktikum para mahasiswa maupun penyusunan Tugas Akhir bagi mereka yang sedang berada disemester akhir. Laboratorium-laboratorium tersebut adalah Laboratorium Pemrograman Sistem Informasi (LPSI), laboratorium E-Bisnis, laboratorium Sistem Pendukung Keputusan dan Intelegensia Bisnis (SPK) atau Decision Support System (DSS), dan laboratorium Perencanaan dan Pengembangan Sistem Informasi (PPSI).



       Ditambah lagi dengan fasilitas Ruang baca Sistem Informasi (RBSI) yang memiliki Sistem Informasi Library, yang memanfaatkan Senayan Open Source.

     
     Kedua, mata kuliah yang terdapat pada jurusan ini juga menarik. Dimana hanya pada beberapa mata kuliah saja para mahasiswanya diharuskan menempuh Ujian Tengah Semester(UTS) ataupun Ujian Akhir Semester(UAS). Contohnya saja pada semester pertama, mata kuliah yang memiliki Ujian Tengah Semester(UTS) ataupun Ujian Akhir Semester(UAS) hanya mata kuliah Matetika Diskrit dan mata kuliah yang diselenggarakan oleh UPMB. Selain itu, praktikum mata kuliah Keterampilan Interpersonal juga dikemas begitu apik sehingga tak terkesan sedang mengikuti suatu kelas perkuliahan. Setiap kompetensi disajikan melalui permainan-permainan yang penuh refleksi, kemudian setiap mahasiswa membuat dan mengambil pembelajaran dari setiap pertemuan tersebut. Dengan praktikum tersebut, para mahasiswa ditanamkan jiwa the winner. Jadi tak hanya mengasah hardskill, namun juga memoles softkill yang kita miliki.


Selain itu, bagi mahasiswa baru, ada agenda wajib yang sangat sayang sekali jika dilewatkan, yaitu senam pagi. Kebugaran jasmani juga sangat diperhatikan, sehingga kegiatan senam pagi rutin diadakan pada hari jumat dengan instruktur senam yang khusus didatangkan untuk memimpin senam tersebut.


      Ketiga, absen dengan finger print. Finger print merupakan suatu alat yang dapat membaca sidik jari kita kemudian bisa menampilkan data diri kita sebagai tanda kehadiran kita. Dengan menggunakan alat ini,  kehadiran para mahasiswa tidak dapat dimanipulasi karena harus menggunakan sidik jari masing-masing mahasiswa apabila ingin dinyatakan hadir kuliah. Namun, kinerja alat ini sepertinya kurang membuahkan hasil. Alat yang dipasang disetiap ruang kelas ini terkadang tidak dapat membaca sidik jari seseorang, sehingga mau tidak mau orang tersebut tetap harus menggunakan absen manual  yang menggunakan tanda tangan untuk menyatakan kehadirannya pada suatu mata kuliah.


     Keempat, ada banyak sekali acara-acara yang digelar oleh jurusan ini. Diantaranya adalah seminar yang bertaraf nasional, yaitu Seminar Sistem Informasi Indonesia (Sesindo) yang tidak dapat diikuti oleh sembarang orang. SI Goes to School, merupakan kegiatan pengenalan jurusan Sistem Informasi kepada murid-murid di bangku SMA agar mereka mengetahui seperti apa jurusan ini. Selain itu, ada pula kegiatan yang bernama Information System Expo (ISE) yang berisi rangkaian kegiatan unik dan menarik yang tentunya menyenangkan.






Hal-hal menarik diatas tentunya hanya ada di jurusan Sistem Informasi ITS yang memiliki slogan,  “They build IT, we make fortune from IT” ini. Jurusan yang baru lahir namun mampu menunjukkan eksistensinya di mata masyarakat maupun tanah air.

Tidak ada komentar: