Sabtu, 17 Desember 2011

DIKLATSAR XXIII KOPMA dr. Angka ITS

Pelatihan Tingkat Dasar (DIKLATSAR) merupakan rankaian pelatihan dalam membangun karakter diri dan memberi input mengenai dasar suatu organisasi atau institusi serta simulasi dari semua materi. Koperasi Mahasiswa (KOPMA) dr. Angka ITS pada tahun 2011 ini menggelar DIKLATSAR untuk menyambut para anggota barunya dengan mengangkat tema "Membentuk Entreprneur Muda yang AKTIF, KREATIF, serta BERDEDIKASI TINGGI untuk UKM Koperasi ITS dengan menanamkan Nilai-Nilai serta Kaidah Perkopersian sebagai Langkah Awal Menciptakan Generasi Mandiri". Acara yang berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 22-23 Oktober 2011 tersebut diikuti oleh peserta dari berbagai jurusan dan fakultas di ITS sendiri.

Hari pertama, sebelum jam 07.00 WIB, tepatnya sebelum acara dimulai, para peserta kegiatan tersebut sudah bersiap menunggu di depan pintu Teater C. Dengan menggunakan kemeja lengan panjang berwarna cerah, bawahan gelap, dan menggunakan jas almamater, para peserta terlihat sangat antusias menyambut kegiatan ini. Diawali dengan tes
mengenai pengetahuan tentang Perkoperasian, kemudian dilanjutkan dengan enam materi yang disampaikan oleh pemateri-pemateri handal, diantaranya adalah materi pengenalan diri dan organisasi. Para peserta yang hadir pada acara itu aktif bertanya dan kritis terhadap materi-materi yang disampaikan. Kemudian, sebelum mengakhiri kegiatan hari pertama, panitia mempersembahkan suatu video mengenai rasa kekeluargaan yang ada didalam KOPMA dan menyanyikan lagu dengan alunan nada dari sebuah gitar. Acara hari pertama yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB tersebut pun berakhir pada pukul 22.00 WIB.
Kemudian, hari kedua, acara DIKSAR ini dimulai dengan materi Pengetahuan Perkoperasian di  Era Kekinian. Setelah itu, Bapak M. Marzuki Imron menyampaikan materi mengenai Komunikasi yang dikemas dengan penyajian yang apik dan tidak membosankan. Dan materi terakhir yang disampaikan oleh Mas Hasrul A. Fathoni adalah Creative Thinking membuat para peserta terlihat semakin termotivasi dan antusias untuk bertanya. Kesembilan materi yang telah disampaikan kepada seluruh peserta tersebut lalu direalisasikan dengan simulasi total yang dilaksanakan diluar ruangan.
Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 10-11 orang. Dengan modal awal Rp 50. 000, para peserta diberikan waktu kurang lebih 2,5 jam untuk melakukan simulasi total. Setiap kelompok dapat menggunakan seluruh uang tersebut atau tidak untuk membeli produk-produk dari KOPMA yang nantinya akan dijual kembali kepada konsumen dengan ketentuan tidak boleh mendapatkan laba lebih dari 20% dari setiap barang yang dijual.

Setelah pukul 15.30 WIB, seluruh peserta kembali ke Teater C dan bersiap untuk mempresentasikan hasil dan usaha mereka dalam melaksanakan simulasi total tersebut. Masing-masing kelompok yang berhasil mengembalikan modal dan mendapatkan untung paling banyak kemudian mendapatkan reward dari panitia. Kemudian, dilakukan kembali tes mengenai pengetahuan tentang Perkoperasian untuk mengukur seberapa jauh perkembangan para peserta setelah menerima materi dan simulasi. Dan setelah salat maghrib, para peserta DIKLATSAR KOPMA angkatan ke XXIII ini kemudian digabung dengan peserta Pelatihan Hardskill di Teater A.

Para panitia yang merupakan anggota KOPMA angkatan sebelumnya kemudian mengevaluasi seluruh rangkaian acara dari hari pertama sampai tes setelah simulasi. Kemudian pemberian hadiah bagi para peserta yang berhasil memenangkan beberapa kategori, yaitu peserta teraktif, peserta ter-goodlooking, peserta teraniaya bahkan peserta terlelap. Dan sebelum mengakhiri kegiatan hari kedua, para peserta beserta kelompoknya diminta untuk ke lapangan dekat Teater A untuk menunjukkan aksinya di sekitar kobaran api unggun. Setelah itu, panitia memutar rangkaian foto-foto para peserta yang dikemas dalam video berdurasi sekitar 5 menit. Kegiatan DIKLATSAR KOPMA dr. angka ITS angkatan XXIII ini kemudian berakhir dengan jabat tangan antara peserta dan seluruh panitia.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Ada kenangan tersendiri saat ikut diklat KOPMA, sampai saat ini masih selalu saya ingat


konveksi jas almamater
jas almamater di surabaya
jas almamater ITS

Unknown mengatakan...

bagus banget, terimakasih infonya semoga bermanfaat. https://shopee.co.id/Jual-Madu-Cerdas-Anak-SQUABUMIN-BPOM-Asli-Bantu-Atasi-Speach-Delay-Si-Kecil-i.544441521.13630641581