Sabtu, 17 Desember 2011

Karya Unik Lahir dengan Konsep Matematika

Apa yang pertama kali ada dalam benak dan pikiran kita ketika mendengar kata "MATEMATIKA" ? Angka, rumit, membingungkan dan susah, itu adalah yang ada di dalam pikiran saya yang tidak terlalu suka pelajaran ini. Saat kelas mata kuliah Matematika Diskrit, dosen saya memutarkan video tentang kesuksesan seorang desainer batik(Nancy Magried) yang menggunakan konsep matematika dalam karya-karyanya.

Nancy Magried, penggagas batik fraktal
 
Batik yang merupakan seni warisan leluhur dimana setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Namun, kali ini  Nancy Magried sebagai penggagas batik fraktal ini mengawinkan konsep seni dan teknologi dalam menghasilkan karya batiknya. Dengan menggunakan aplikasi yang disebut Jbatik buatannya, ia dapat mendesain batik dengan berbagai model.

Aplikasi tersebut menggunakan konsep perulangan atau dalam bahasa matematika diskrit disebut dengan recursive. Suatu desain batik dapat diciptakan dengan melakukan perulangan pada suatu pola hingga membentuk pola baru dari perulangan pola sederhana tadi.

Tampilan aplikasi jBatik
Pembuatan batik ini tetap dilakukan secara manual meskipun didesain dengan menggunakan aplikasi. Ia tak ingin menghilangkan nilai seni batik itu sendiri. Jbatik ini hanya membantu pembatik untuk membuat beragam desain batik dengan lebih mudah.



Gagasan Nancy Magried ini sungguh sangat menarik bagi saya karena berhasil menggabungkan seni batik dengan teknologi melalui konsep matematika. Meskipun fraktal itu sendiri bukanlah hal baru, namun Nancy mampu menghadirkannya dengan ide baru yang sangat menarik.

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Sebenarnya nggakpa2 , ini suatu kemajuan
tapi dalam hal seni semuanya tidak ada
karena seni adalah cipta, karsa manusia
yaitu dengan tangan ^_^
semuanya lebih puas

Unknown mengatakan...

Mbak Nancy-nya gorgeous bgt :)

Emilia Yulisita mengatakan...

@anonim : sebetulnya realisasi pembuatannya kan teteap pakai tangan, aplikasi Jbatik tadi itu cuma ngebantu buat mempermuda membuat berbagai desainnya aja :)

@gitta : iyaaa, keren lo mbak-mbak ini :)

yuk kita bikin karya yg sesuatu bgt kayak yg dia bikin ;)

Teky mengatakan...

aku pengen bisa ngaplikasiin ilmu kaya gitu si, pengan bermanfaat buat orang lain, tapi sayangnya masih belum bisa ngoding si.. hahaha

Emilia Yulisita mengatakan...

@teky : aku juga pengeen...
Biar bisa bikin karya karya yang fenomenal plus berguna buat semua orang ;)

Anonim mengatakan...

memank karya luar biasa itu di awali dari ilmu eksak..,

zwharei mengatakan...

sumpah..ini keren banget sit