Sabtu, 17 Desember 2011

Menjadi PATRIOT dengan LKMM Pra-TD IV FTIf

Pada tanggal 26 November dan 10-11 Desember 2011 kemarin, Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) ITS mengadakan kegiatan yang disebut LKMM Pra-TD IV. LKMM Pra-TD sendiri merupakan singkatan dari Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Pra-Tingkat Dasar. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa dua jurusan yang bernaung dibawah FTIf , yaitu Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Kegiatan yang mengangkat tema PATRIOT (Prestatif, Aktif, Tanggap, Kreatif, Visioner, Tanggung Jawab) ini juga diikuti oleh mahasiswa tahun 2010 yang tidak berkesempatan mengikuti LKMM Pra-TD III.


Acara hari pertama dilaksanakan pada tanggal 26 November 2011 dengan diawali pembukaan acara di taman Sistem Informasi ITS pada pukul 07.00 WIB. Mas Aldi Reza selaku Presiden BEM FTIf dan salah satu dosen muda dari Jurusan Informatika memberikan sambutannya. Setelah itu, seluruh peserta kegiatan dengan kemeja putih dan bawahan gelap yang berbaris rapih di taman tersebut menyanyikan Hymne ITS dengan semangat.


Kemudian, para peserta yang sebelumnya sudah dibagi ke dalam 13 kelompok diminta untuk bergabung dengan kelompoknya masing-masing dan menemui kakak pembimbingnya. Setiap kelompok terdiri dari 28-30 orang kemudian diminta untuk mengunjungi spot-spot permainan yang telah disediakan di lapangan parkir Sistem Informasi. Disana kami dituntut untuk bekerja sama dengan baik agar bisa menjadi pemenangnya.


Dan permainan pamungkasnya adalah menuntut kerjasama antar seluruh mahasiswa kedua jurusan tersebut, mencari petunjuk dengan menemukan potongan-potongan kertas yang tersebar di beberapa area jurusan Sistem Informasi. Setelah berhasil menemukan semua petunjuknya, kami pun berhasil dan mendapatkan hadiah dari panitia. Hadiah tersebut kemudian dijadikan sebagai modal untuk menjalankan beberapa tugas yang diberikan oleh para panitia, salah satunya adalah membuat lambang FTIf. Selain itu, tugas lainya adalah mengenal setiap anggota kelompoknya dan menyiapkan yel-yel masing-masing kelas dan menampilkannya pada kegiatan lanjutan yang dilaksanakan pada tanggal 10-11 Desember 2011. Kegiatan pada hari tersebut kmudian berakhir pada pukul 11.30 WIB.

Kegiatan hari kedua yang dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2011 berangsung di dua tempat, yaitu di gedung Teknik Informatika dan gedung Sistem Informasi. Kegiatan kelompok 1-6 berlangsung di gedung Sistem Informasi, dan kelompok sisanya melangsungkan kegiatannya di gedung Sistem Informasi.

Setelah memasuki kelas masing-masing, setiap peserta melakukan Tes Potensi Awal (TPA) untuk mengukur seberapa jauh wawasan yang dimiliki. Kemudian di hari itu kami mendapatkan lima dari sembilan materi yang akan kami terima dari para pemandu yang super. Materi-materi tersebut adalah mengenai Persepsi, Logika Berpikir, Mendengar Aktif, Berbicara Efektif, dan Ambisi, Kenyataan, dan Usaha (AKU). Kegiatan pada hari itu pun berakhir pada pukul 17.00 WIB.

Kemudian pada tanggal 11 Desember 2011, kami menerima empat materi lagi, yaitu tentang Sasaran, Resiko, dan Konsekuensi (SRK), Pengenalan Diri, Pengembangan Diri, dan Mahasiswa. Lalu, kami pun kembali melakukan tes untuk mengetahui progress dari sembilan materi yang telah kami terima. Setelah itu, semua peserta yang melakukan kegiatannya selama dua hari tersebut di gedung Sistem Informasi diminta untuk segera menuju gedung Teknik Informatika untuk melaksanakan simulasi total.

Kami semua pun berkumpul menjadi satu di lapangan gedung Teknik Informatika, tak ada beda antara mmahasiswa jurusan Teknik Informatika atau Sistem Informasi, semuanya sama, satu fakultas, FTIf. Kemudian kami semua diminta untuk membentuk rangkain huruf FTIf dengan memegang sambungan tali yang berbeda warna.

Setelah itu, kami semua memasuki aula Teknik Infomatika dan menyaksikan video dari rangkain foto-foto dari  seluruh kegiatan LKMM Pra-TD IV selama tiga hari tersebut. Kemudian panitia membagikan hadiah bagi 13 peserta teraktif dari setiap kelompok. Presiden BEM FTIf pun akhirnya memberikan sambutan terakhirnya dan berakhirlah seluruh rangkain kegiatan yang penuh pengalaman dan makna tersebut.

3 komentar:

Teky mengatakan...

inget pra TD ni.. seru ya

Emilia Yulisita mengatakan...

iyaaa, seru bangett :D
BEKICOT, No Bacot Skill Out, heehe ;p

lala marisa mengatakan...

Pra td seru banget ya...
Aq jadi keingat apaalaagi yang membentuk tulisan FTIf itu ...