Senin, 12 Desember 2011

Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI)

Pada tanggal 19-20 November 2011 yang lalu, Ristek Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) ITS menggelar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI). Acara yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiwa baru Sistem Informasi ITS tersebut dimulai pada pukul 07.30 WIB. Para peserta yang datang dengan menggunakan batik terlihat sangat antusias untuk mengikuti acara tersebut.

 
                Para peserta yang telah menandatangani absen memasuki ruang TC 103-104 dan siap untuk menerima materi yang telah disiapkan oleh panitia. Materi pertama adalah tentang Entrepreneurship yang dibawakan oleh Mas Achmad Ferdiansyah. Mas Ferdi sendiri adalah penggagas PKM sekaligus pemenang PKM-K dan PKM-GT.  Mas Ferdi yang sukses dengan produk Hetric-nya ini berbagi pengalamannya dalam menulis karya yang sederhana namun begitu spektakuler.



     Sebelum mengakhiri materinya, ia meminta seluruh peserta PKTI untuk menuliskan cita-citanya diselembar kertas folio yang telah diberikan sebelumnya. Kemudian peserta diminta melipat kertas berisi harapan tersebut menjadi pesawat kertas dan melemparkannya ke peserta yang berada diseberangnya. Dan pada kesempatan itu pula Mas Ferdi berpesan bahwa mimpi yang kita tuliskan dikertas dan diketahui oleh orang lain akan menjadikan kita tetap menjaga motivasi yang kita miliki, karena orang-orang tersebut akan mampu mengingatkan kita pada tujuan kita.


                 Sebelum istirahat makan siang dan salat, Mas Hamim Tohari dan Mbak Ika Nurhasanah menyampaikan masalah manajemen pembuatan Karya Tulis Ilmiah. Setelah makan siang dan melaksanakan salat dzuhur, para peserta yang telah dibagi menjadi dua orang dalam setiap kelompok diminta untuk menempati ruang yang telah ditentukan oleh panitia untuk menerima materi yang selanjutnya. Di ruang TC 105 salah satunya, materi penggalian ide disampaikan oleh mbak Volare Amanda W. dari jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota yang telah berpengalaman dalam hal menulis karya ilmiah. Siang itu Mbak Volare membahas pedoman penulisan PKM-GT dan menumbuhkan ide dengan cara selalu membaca dan baca. Selanjutnya setiap kelompok diminta untuk menuangkan ide yang mereka miliki ke dalam mindmap yang merangkum konsep yang akan mereka angkat dalam karya tulisnya. Dan materi tersebut merupakan materi terakhir pada hari pertama acara PKTI tersebut.

                Hari kedua, para peserta kembali ke ruangan pada hari pertama. Kali ini, para peserta yang berada di ruang TC mendapatkan materi Karya Tulis Ilmiah dari Mas Sony Junianto. Mas Sony yang penuh inspirasi ini menyampaikan bagaimana cara kita untuk meyusun pendahuluan dan isi pada karya tulis ilmiah agar baik dan menarik. Kemudian Mas Adhika D.P. menyampaikan materi mengenai bagian akhir dari karya tulis ilmiah. Setelah makan siang dan salat, ada mindmap expo, dimana 20 mindmap yang terpilih dipajang dan berhak dipilh oleh peserta lain untuk menjadi yang terbaik. Dan materi  terakhir mengenai  teknik presentasi disampaikan oleh Mbak Grandis. Banyak tips dan trik yang Mbak Grandis sampaikan, mulai dari bagaimana mendesain slide, isi dan teks dalam suatu slide presentasi.

                Kemudian semua kelompok kembali dikumpulkan kedalam ruang TC 103-104. Para peserta dan panitia bersenang-senang dengan memperagakan gerakan para personil SNSD dalam video klipnya yang berjudul Gee. Sebelum acara ditutup, panitia mengumumkan pemenang dan memberikan hadiah bagi peserta dengan ide terbaik PKM-GT, mindmap dengan hasil voting yang paling banyak dari para pemilih, serta panitia yang menjadi favorit para peserta. Acara yang digelar oleh HMSI ini merupakan suatu bentuk rangsangan bagi para peserta untuk lebih produktif lagi dalam menghasilkan karya tulis ilmiah agar dapat menghasilkan karya yang dapat diikut sertakan dalam ajang PKM-GT.

2 komentar:

al mengatakan...

mana Karya Ilmiahmu

Emilia Yulisita mengatakan...

Uhm, mana yaa ?
heheee