Sabtu, 17 Desember 2011

Virtual Reality, Antara Dunia Maya dan Kenyataan

Kemajuan teknologi jelas memberikan dampak yang sangat besar dalam kehidupan kita. Mulai dari kemudahan untuk berkomunikasi, bisnis, pendidikan, bahkan hiburan. Dengan kecanggihan teknologi ini semua yang tadinya tidak mungkin menjadi mungkin.

Virtual Reality adalah suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk melakukan hal-hal yang biasanya kita lakukan di dunia nyata menjadi dapat kita lakukan di dalam dunia maya. Contohnya saja adalah dalam dunia bisnis. Perusahaan marketing produk Zugara menggabungkan augmented reality dan online shopping. Dengan kemudahan ini, kaum wanita terutama akan merasa diuntungkan karena dapat mencoba secara virtual pakaian yang akan mereka beli secara online.

Seorang wanita sedang mencoba baju yang ingin dia beli
 Selain itu, virtual reality juga hadir dalam dunia pendidikan. Dimana kita tidak perlu bersusah payah membaca kata per kata dalam sebuah buku untuk mengerti penjelasan yang ada di dalamnya, melainkan kita hanya perlu menggunakan sebuah kacamata virtual khusus dan melihat ke kotak dengan kode tertentu yang ada pada buku tersebut.

Seorang wanita sedang membaca buku cerita
Dan yang tak kalah menariknya lagi, Xbox menghadirkan dunia game tanpa menggunakan stick atau yang semacamnya. Ya, karena dengan Xbox 360 kinect ini kita bisa bermain hanya dengan menggunakan bagian tubuh kita.

Kedua anak ini sedang memainkan game balap mobil
Jika selama ini kita hanya bisa menyaksikan semua itu di sebuah film, sekarang kita bahkan bisa merasakannya sendiri. Itulah semua kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh kecanggihan teknologi masa kini. Namun, dalam hal ini, meskipun kita sebagai penikmat dari segala kecanggihan yang dihadirkan oleh virtual reality, kita harus tetap sadar dan jangan sampai terjebak ke dalam dunia yang tak nyata. Kecanduan dengan semua kecanggihan dari virtual reality ini akan membuat pecandunya menderita cybersickness. Suatu penyakit yang diakibatkan karena terlalu seringnya menggunakan hal-hal yang berbau virtual sehingga sulit membedakan antara dunia nyata dan dunia maya. Apabila hal itu benar-benar terjadi, bisa dibayangkan bagaimana tidak teraturnya hidup kita. Hal-hal yang berada di dalam dunia maya dicampur adukkan dengan dunia nyata dan sebaliknya. Maka dari itu, bersikapkalah bijak dan jangan terlalu mendewakan kecanggihn teknologi agar kita tidak benar-benar terjebak diantara dunia maya dan kenyataan.

4 komentar:

erina mengatakan...

keren yahh,, kita bisa pilih baju yg bener2 cocok sama kita :)

Teky mengatakan...

kerenn...
mau dong..
god job.. postingan yang bagus

Emilia Yulisita mengatakan...

Iyaaa, uda gitu bisa pamer fotonya di jejaring sosial jugaa :D

Emilia Yulisita mengatakan...

@Teky : waah, makasih :)

kamu mau, sama donk :D
ayoo pesen, tapi yang bayaarin kamu, masih mau ga ? hahaa :D