Sabtu, 17 Desember 2011

Intensive Islamic Teaching & Learning Life (INSTALL)

Intensive Islamic Teaching & Learning Life (INSTALL) adalah acara yang diadakan oleh Kajian Islam Sistem Informasi (KISI) ITS untuk menambah pemahaman para mahasiswanya mengenai agama Islam. Acara yang berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 3-4 Desember 2012, diaksanakan di ruang TC 103-104. Meskipun acara tersebut tidak wajib untuk mahasiswa baru SI, tetapi acara yang mengangkat tema Melejitkan Potensi Diri dengan Akhlak Qur'ani tersebut tetap diikuti dengan semangat oleh para mahasiswa SI.

 
 Setelah acara dibuka oleh Mas Adhika, Pak Bekti memberikan sedikit sambutannya. Lalu, dilanjutkan dengan penyampaian materi. Pemateri pertama adalah Ustad Fauzi yang menyampaikan materi tentang islam. Beliau membeberkan tentang bagaimana kita berislam serta menyampaikan kisah-kisah tentang Rasulullah yang patut dijadikan teladan.


 Materi yang kedua adalah menjadi muslim prestatif yang disampaikan oleh Mas Bayu setelah semua peserta menunaikan salat dhuha. Disini Mas Bayu mengungkapkan bahwa meraih kesuksesan itu bagaikan mengurai benang kusut, dibutuhkan usaha dan kesungguhan. Dan setelah mengukir banyak prestasi, kita juga jangan lupa akan kewajiban kita kepada Allah SWT.


Setelah salat dzuhur dan makan siang bersama, dilanjutkan dengan materi ketiga yang disampaikan oleh Ust.Rifhan Halili, yaitu mengenai akhlak dan pergaulan dalam islam. Acara hari pertama yang dimulai sejak oukul 08.00 WIB tersebut kemudian berakhir sekitar pukul 16.30 WIB. Sedangkan bagi para ikhwan, dilanjutkan dengan mabit di Masjid Manarul Ilmi ITS setelah salat maghrib.

Acara hari kedua di mulai dengan tutorial algoritma dan pemrograman pada pukul 08.30 WIB. Bagi akhwat, tutorial dilaksanakan di ruang TC 104, sedangkan ikhwan di musholla amanah. Setelah tutorial selesai, dilanjutkan dengan salat dhuha. Kemudian dilanjutkan dengan materi mengenai management waktu yang disampaikan oleh Mas Aris Sofan di TC 103-104. Pada kesempatan itu pula Mas Aris memberikan tips untuk mengefesienkan waktu.


Sebelum acara tersebut berakhir, disampaikan materi pamungkas mengenai al-ilmu secara singkat dan padat. Meskipun acara tersebut tidak dapat dihadiri oleh Dr. Abdullah Sahab dan Mas Ahmad Ferdiansyah, tidak mengurangi niat para peserta untuk menambah ilmu dan wawasan beragamanya. Akhirnya, acara tersebut berakhir pada pukul 13.00 WIB setelah pembagian hadiah bagi akhwat dan ikhwan yang aktif selama rangkaian acara tersebut.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

aq ngak ikut ini

Emilia Yulisita mengatakan...

Sayang banget, padahal dapet tutorial alpro lo, hehee :D